Thursday 27 June 2013

Kesinambungan jiwa Etika dan etiket remaja

                                  

                

Pada zaman yang modern ini Guru dan orang tua agar lebih paham dan mengerti permasalahan etika dan etiket pada remaja sekarang ini,orang tua merasa sedih jika melihat anak nya yang bertingkah pola yang jelek,seperti : tata krama pada orang yang lebih tua dari kita,ugal-ugalan di jalan raya,sampai terkadang ke prilaku yang sangat negatif,seperti:narkoba,dan seks bebas.

Berbagai kalangan berpendapat bahwa dihapusnya pelajaran budi pekerti dari kurikulum indonesia mnjadi salah satu penyebab merosotnya etika dan etiket remaja pada saat ini.

Mungkin Beberapa orang tua di jaman dulu merasa miris terhadap gaya dan prilaku remaja masa sekarang,remaja saat ini sudah menganggap remeh tentang etika,etiket,dan norma-norma yang ada.remaja saat ini Mudah sekali terlibat narkoba, mudah sekali terlibat dalam seks bebas, ini bahaya jika dibiarkan.

PERBEDAAN DARI ETIKA DAN ETIKET

Perbedaan nya adalah,jika ETIKA adalah Moral yang di landasi dengan  budaya,agama,prilaku,dan norma-norma yang ada.

ETIKET adalah aturan sopan santun dan  cara pergaulan yang baik antara sesama manusia,dengan artian sebagai rambu-rambu yang membantu  mengetahui apa yang harus dilakukan dan yang tidak boleh dilakukan dalam situasi tertentu.

Hal-hal yang menjadi hal utama dalam etiket adalah tradisi dari daerah,dan adat istiadat.prinsip dalam etiket itu tidak akan berubah atau tetap yaitu bersifat universal dan tak terbatas waktu dan tempat nya. Tiga prinsip dalam ETIKET yaitu respek,empati dan penuh kejujuran.

Etiket Remaja tidak hanya mengenai cara bergaul yang benar, tetapi juga menyangkut tentang kehidupan dengan lingkungan manusia, alam dan segala isinya termasuk flora dan fauna. Bila berkaitan hubungan dengan sesama manusia maka komunikasi dan sosialisasi sangat memerlukan etika. Etika tersebut bisa saja mengenai cara-cara berpacaran yang benar,  aturan sopan santun , sampai cara ber-gaul yang baik dalam situasi yang spesifik dalam hal yang positif.

Etika remaja juga dapat melalui meliputi komunikasi dengan orang lain,tapi juga  cara bersikap di depan umum, cara berbusana yang pantas untuk setiap kesempatan. Remaja yang memahami etiket akan lebih berhasil dalam pergaulan nya. Berinteraksi dengan orang-orang tidak membuatnya sengsara, malah membuat suasana hati menjadi senang atau ceria.

Jika anak remaja kalau diajak ngomong cuek, orangtua kalau menasehati dibilang jadul, diajak bicara seperti tidak menganggap,dan menyepelekan orang tua. Masa remaja adalah fase transisi, dimana mereka seringkali coba-coba dalam melakukan sesuatu. Banyak hal sepele ternyata perlu diperhatikan remaja, seperti kebiasaan berkelompok atau nge-gank,itu adalah salah satu hal yang negatif dan tidak perlu di contoh.

Etiket di perlukan jika remaja bersosialisasi dengan lingkungan makhluk hidup dan alam semesta.Saat berkomunikasi dengan sesama manusia diperlukan tatakrama mulai dari etiket berkomunikasi, etiket di rumah, di sekolah, di tempat umum, di perjalanan, etiket dalam berbusana, serta dalam pergaulan.semua itu sangat di perlukan.

Remaja harus jujur. Jujur dalam artian melakukan dan mengucapkan kebenaran, sekalipun itu menyakitkan. “Jika kebenaran itu sulit, kamu harus menemukan cara yang paling positif untuk mengatakannya atau cukup dengan diam. Para remaja akan belajar secara praktis cara berkomunikasi dengan orang lain, cara bersikap di depan umum, cara berbusana yang pantas untuk setiap kesempatan, yang sangat berguna untuk kehidupannya, baik di masa sekarang maupun di masa yang akan datang.

Remaja juga diingatkan untuk belajar berbagai tata krama, mulai dari  tata krama menghadiri pesta, bersilaturahmi, bepergian, mengemudi di jalan raya, merokok, sampai tata krama bergaul dengan orang lain dan lawan jenis, berkata tidak untuk ajakan kencan seks, narkoba dan miras. Remaja harus diberi pengertian, agar mereka tumbuh menjadi remaja yang penuh empati dan simpati. Untuk mencapai sukses dalam banyak hal, paling esensial yang perlu dimiliki oleh remaja dan generasi muda sekarang ini adalah etiket. Etiket harus bersandarkan pada etika. Etiket adalah kebutuhan hakiki.

0 comments: